Sekilas Rumah Pengantin West Java

by Misye sasongko

Mengusung kebudayaan yang berbeda membuat nama Misye Sasongko berada di jajaran depan sebagai pencuri perhatian calon pengantin adat.
Sebelumnya tak terpikirkan oleh Misye Sasongko untuk mendirikan Rumah_Pengantin West Java seperti sekarang ini. Semua berjalan begitu saja setelah beberapa kliennya memintanya untuk membuatkan dekor pelaminan untuk resepsi pernikahan.
Berawal ketika ibu dua putra ini baru pindah dari Jakarta ke Bandung untuk mengikuti suaminya yang bertugas disebuah hotel ternama. Untuk mengisi waktu senggangnya ia belajar membuat sulaman payet yang kemudian berkembang menjadi rumah produksi jahit, sulam dan payet dengan beberap karyawan yang semuanya adalah penyandang tuna runggu.

Misye tidak hanya mengerjakan sulam untuk busana biasa saja, namun ia juga menerima pesanan untuk membuat busana pengantin. Kala itu lah ada salah pelanggannya yang memintanya untuk membuat dekor pelaminan untuk resepsi pernikahan. Untunglah sebelum pindah ke kota kembang ini, Misye sempat bekerja pada sebuah department store terbesar di Jakarta dengan jabatan Promotion Section Manager yang bergabung dengan divisi Art Visual and Decor, sehingga masalah menata ruangan resepsi pernikahan bukanlah masalah besar bagi wanita yang mengenyam pendidikan perhotelan di Sekolah Perhotelan Sahid Jakarta dan Business English di San Fransisco, Amerika Serikat. Maka pada tahun 2007 lalu Misye mulai mendirikan Rumah_Pengantin.

Karena Misye berasal dari Palembang, maka ia berinisiatif untuk mengawali karir dekor pelaminan lengkap prosesi pernikahan adat palembang. kemudian mengingat suaminya berasal dari Jawa, ia pun membuat dekor pelaminan khas Jawa. Kini, setelah 4 tahun berlalu tidak hanya dekor pelaminan adat Jawa dan Pelembang saja yang dimilikinya, aneka pelaminan modern minimalis pun telah melengkapi koleksinya.

Memiliki layanan perlengkapan keperluan pengantin dari mulai busana, upacara adat dan dekor sepertinya kurang lengkap tanpa katering, maka Misye pun membuka katering untuk keperluan berbagai pesta. Pertimbangan ini dilakukannya bukan hanya karena mengikuti usulan dari beberapa teman, namun karena ketika masih duduk di bangku sekolah Misye sudah sering membantu orangtuanya yang memiliki layanan katering, maka penambahan divisi katering pada Rumah_Pengantin bukanlah coba-coba.

Kini Misye dengan Rumah_Pengantin-nya terus berusaha mendekatkan diri pada para pelanggannya dengan cara melengkapi segala kebutuhan mereka baik yang melaksanakan resepsi pernikahan dengan upacara adat lengkap (dari berbagai suku) maupun resepsi pernikahan modern yang lebih ringkas.

Our Team

by Misye Sasongko

 

by Misye Sasongko